Membedakan Lintah dan Pacet

Pacet dan Lintah
Rajalintah.com > Mungkin banyak dari kita yang masih kebingungan mengenai apa itu pacet dan apa itu lintah, apakah diantara keduanya punyak perbedaan ?  mari kita bahas dalam kesempatan ini mengenai keduanya yaitu lintah dan pacet, membedakan Lintah dan pacet.


Sebenarnya tidak begitu sulit untuk membedakan keduanya kalau kita berada di lain tempat (luar negeri) nama dari keduanya cuma ada satu yaitu leech (lintah) tapi alangkah baiknya kita bahas keduanya dalam artikel ini kedua hewan ini ada kemiripan dari bentuk dan kesukaannya juga sama, yaitu sedot menyedot.

Lintah dan pacet adalah hewan yang tergabung dalam filum Annelida subkelas Hirudinea. Terdapat jenis lintah yang dapat hidup di daratan, air tawar, dan laut. Seperti halnya kerabatnya, Oligochaeta, mereka memiliki klitelum untuk menyimpan telur-telur pada segmen-segmen tertentu. Seperti Oligochaeta, lintah juga hermafrodit (berkelamin ganda). Lintah obat Eropa, Hirudo medicinalis, telah sejak lama dimanfaatkan untuk pengeluaran darah (plebotomi) secara medis.

Lintah dibedakan dari pacet bukan berdasarkan taksonomi, tetapi lebih pada habitat kesukaannya. Lintah sehari-hari hidup di air, sedangkan pacet sehari-harinya melekat pada daun atau batang pohon (di luar air).

Semua spesies lintah adalah karnivora. Beberapa merupakan predator, mendapat makanan dari berbagai jenis invertebrata seperti cacing, siput, atau larva serangga.

Anatomi Lintah

Secara umum, lintah berbadan ceper, mempunyai 34 gelang dan penghisap pada ujungnya. Ukuran biasa adalah 50 mm dan bahkan mencapai panjang 30 cm.

Panjang tubuh mencapai 30 cm
Tubuh dilindungi oleh lapisan kutikula
Tubuh relatif pipih
Tubuh terdiri dari 34 segmen
Tidak mempunyai parapodia dan setae
Mempunyai alat penghisap (sucker) di bagian anterior maupun posterior
Bersifat hermafrodit
Habitat: air tawar dan darat

Keunggulan lintah yang membuatnya dapat digunakan sebagai metode penyembuhan? Apa benar manfaat lintah untuk tubuh manusia bisa diandalkan? Jawabannya, terletak pada air liurnya. Air liur lintah mengandung berbagai zat yang dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan tubuh. Zat-zat tersebut antara lain:

1. Hirudin
Zat yang mengandung 65 asam amino ini biasa digunakan pada operasi saraf-saraf kecil. Fungsinya adalah untuk menghambat pembekuan darah dan mengurangi tersumbatnya aliran darah.

2. Histamine

Zat histamine atau juga dikenal dengan sebutan bioamina ini pertama kali ditemukan oleh Dale dan Laidlaw pada 1910. Fungsi zat histamine dalam air liur lintah ini adalah untuk memperlebar pembuluh darah untuk menyalurkan zat hirudin, serta meningkatkan volume darah yang dihisap di area tersebut.

3. Enzim Calin
Enzim ini berfungsi untuk mencegah infeksi dan menyembuhkan luka. Dalam tubuh, enzim ini banyak terdapat pada darah, yang berfungsi sebagai penghambat pembekuan darah.

4. Carboxypeptidase A Inhibitor
Zat ini berfungsi untuk melancarkan aliran darah pada area gigitan. Ketika lintah mengisap darah, zat ini akan membantu menghambat pengentalan darah di sekitar bagian tubuh yang digigit ketika melakukan terapi lintah.

5. Kolagen
Zat yang biasa dijumpai pada produk-produk kecantikan wajah ini juga terdapat pada air liur lintah. Fungsinya adalah untuk mengendalikan dan merawat trombosit. Jika diaplikasikan pada wajah, zat ini mampu menghambat penuaan dini dan mencegah kerutan.

Terapi lintah di percaya dapat mengobati berbagai penyakit yang di derita oleh banyak orang di dunia di antara manfaatnya adalah sebagai berikut

1. Mengatasi Hipertensi
Air liur lintah mengandung zat yang mampu memperlancar sekaligus menyeimbangkan tekanan darah. Sebagai pengobatan hipertensi, terapi lintah dilakukan pada beberapa titik yang dapat langsung bekerja pada pembuluh vena.

2. Mengobati Diabetes
Pengidap diabetes selalu diintai oleh kematian jaringan, yang dapat berujung pada proses amputasi. Terapi lintah dipercaya mampu meningkatkan aliran darah dalam tubuh dan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar, sehingga risiko kematian jaringan pun berkurang.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka
Zat bdellins yang terdapat pada air liur lintah dapat membantu mengatasi peradangan dalam tubuh, seperti peradangan saluran pencernaan, pankreatitis, dan hepatitis. Cara kerja lintah dalam penyembuhan luka atau peradangan ini adalah dengan menghisap darah, lalu mengeluarkan air liur yang mengandung senyawa peptide. Senyawa tersebut berfungsi untuk mengatasi pembekuan darah dan melancarkan peredaran darah.

4. Menyembuhkan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Zat kolagen yang terkandung dalam air liur lintah dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan kulit. Terapi lintah pun kini banyak dilakukan pada banyak klinik kecantikan, karena dipercaya mampu mencegah penuaan dini dan kerutan pada wajah sehingga manfaat lintah untuk kecantikan memang benar-benar terasa. (sumber halodoc.com)

5. Mengobati Penyakit Pembuluh Darah dan Penyakit Kardiovaskular
Berbagai jenis masalah peredaran darah bisa meningkatkan resiko penyakit seperti serangan jantung, stroke dan jenis penyakit lain. Ketika terapi lintah dilakukan maka lintah akan menghisap darah dan melepaskan sebuah senyawa yang mengandung peptide. Senyawa ini bekerja cepat untuk mengatasi masalah pembekuan darah sehingga meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Orang yang sedang memiliki luka juga bisa dipulihkan dengan cepat lewat terapi lintah.

6. Mengobati Peradangan Organ Dalam Tubuh
Penyakit yang disebabkan oleh peradangan memang bisa menyerang bagian dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini maka terapi lintah memang sangat efektif. Air liur lintah yang bekerja saat proses penyerapkan darah dari manusia ke lintah mengandung bdellins yang bisa membantu tubuh dalam mengatasi berbagai penyakit peradangan. Penyakit seperti peradangan saluran pencernaan, hepatitis dan pankreatitis bisa diobati dengan menggunakan terapi lintah.

7. Mengatasi Nyeri Sendi

Penyakit yang paling banyak menyerang orang tua adalah nyeri sendi. Nyeri sendi biasanya akan terasa apabila tubuh melakukan pergerakan yang melibatkan sendi seperti jalan kaki, perpindahan posisi dan berbagai aktivitas angkat benda. Untuk mengatasi berbagai jenis gangguan ini maka bisa menggunakan terapi lintah karena air liur lintah mengandung bahan anti inflamasi yang bisa mengatasi rasa sakit pada bagian sendi.

8. Manfaat lintah bagi kecantikan

Selama proses face lift lintah, sekitar 1-2 ekor lintah lapar akan ditempatkan di tubuh Anda — biasanya di daerah perut sekitar pusar — untuk mengisap darah Anda sampai kenyang. Setelahnya, dokter, atau lebih dikenal dengan hiroudotherapist, akan mengeluarkan darah segar yang telah mereka konsumsi untuk kemudian dioleskan langsung ke wajah Anda.

Terapi lintah untuk kecantikan dipercaya dapat meningkatkan keseluruhan penampilan wajah dengan mengencangkan, melenturkan, bercahaya, dan melembutkan kulit. Apa alasannya?

Selain memproduksi berbagai macam protein, air liur lintah juga mengandung sejumlah lipid (lemak). Lipid merupakan bahan aktif penting yang umum ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit. Tapi, adakah kaitannya antara lipid hasil produksi lintah dengan peningkatan penampilan kulit wajah idaman?

Asam fosfatidat dan asam lemak bebas menempati proposi terbesar dari lipid dalam air liur lintah. Aplikasi asam lemak bebas topikal telah terbukti mempengaruhi pembentukan lipid dalam kulit manusia, dan lipid topikal telah diketahui keefektivitasannya sebagai agen kondisioner dan pelembap kulit yang baik (biasanya, kandungan asam lemak ini terkandung pula dalam minyak, yang juga memberikan minyak manfaat melembabkan).

Related product you might see:

Share this product :

Posting Komentar

 
Copyright © 2011. RajaLintah.com | 087852511471 - All Rights Reserved
Template by Creating Website | Re-designed by : Template Toko Online